BERITA

Detail Berita

PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SMA NEGERI 2 TILATANG KAMANG

Kamis, 21 April 2022 12:12 WIB
587 |   -

Pembelajaran berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan siswa. Pembelajaran berdiferensiasi haruslah berakar pada pemenuhan kebutuhan belajar siswa dan bagaimana guru merespon kebutuhan belajar tersebut. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang mengakomodasi dari semua perbedaan siswa, terbuka untuk semua dan memberikan kebutuhan-kebutuhan yang dibutuhkan oleh setiap individu.

        Untuk menerapkan pembelajaran berdiferensiasi bukanlah hal yang mudah. Guru harus dapat menyiapkan beberapa materi dan instrumen penilaian sekaligus. Misalnya saya menggunakan diferensiasi konten/materi, berarti saya harus menyiapkan materi lebih dari satu. Sama halnya dengan diferensiasi proses dan produk, berarti harus ada lebih dari satu media pembelajaran dan alat penilaian.Tapi sebenarnya pembelajaran berdiferensiasi dapat menguntungkan anak untuk memaksimalkan potensi mereka, terlebih lagi untuk anak berkebutuhan khusus yang pembelajarannya berbeda dengan siswa lain.

            SMA Negeri 2 Tilatang Kamang telah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Penerapan ini belum pada semua kelas. Penerapannya diawali dengan memetakan kebutuhan belajar peserta didik. Kebutuhan belajar peserta didik di SMA negeri 2 Tilatang kamang meliputi kesiapan belajar siswa, minat belajar siswa, dan profil belajar siswa.


Komentar

×
Berhasil membuat Komentar
×
Komentar anda masih dalam tahap moderator
1000
Karakter tersisa
Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar di sini